Monday, November 25, 2019

Beberapa Cara untuk Mencegah Timbulnya Alergi dingin


Udara yang dingin merupakan ancaman bagi orang yang memiliki alergi dingin. Pasalnya, kontak langsung antara kulit dengan udara dingin dapat memicu timbulnya tanda-tanda yang tidak nyaman seperti ruam merah pada kulit, rasa gatal, dan pembengkakan. Bahkan dalam kasus yang parah, pembengkakan pada bagian tenggorokan dan lidah dapat menyebabkan sesak napas dan mengancam nyawa.

Beberapa Cara untuk Mencegah Timbulnya Alergi dingin

Enam Hal yang Dapat Mencegah Timbulnya Alergi Udara Dingin

1.    Minuman jahe
Seseorang yang mengalami alergi dingin menandakan bahwa tubunya sedang mengalami inflamasi. Oleh sebab itu, jahe sangat dianjurkan sebagai minuman yang dikonsumsi secara rutin atau saat keadaan suhu cukup rentan untuk memicu alergi. Alasannya adalah karena Jahe sangat kaya akan kandungan anti inflamasi sehingga efektif mengurangi gejala alergi udara dingin.

2.    Campuran wortel dan mentimun
Minuman alternatif lain yang dapat dikonsumsi adalah jus wortel dan mentimun. Kedua buah tersebut sudah terkenal khasiatnya untuk melawan alergi. Saat membuat jus wortel dan mentimun sebaiknya tidak menggunakan gula tetapi ganti dengan madu. Madu dinilai lebih baik karena dapat menjadi obat bagi alergi berkat serbuk sarinya yang mampu mengurangi reaksi alergi.

3.    Teh hijau
Manfaat teh hijau memang sangat banyak, salah satunya adalah mencegah alergi. Kandungan yang berperan penting adalah Epigallocatechin Gallate atau EGCG yang aktif bekerja membasmi penyebab alergi sehingga mencegah timbulnya bentol-bentol dan gatal. Selain diminum secara rutin, teh hijau jugadapat menjadi pilihan untuk pertolongan pertama pada alergi karena mampu membantu mengurangi rasa gatal.

4.    Makanan anti oksidan
Cara efektif lain agar alergi udara dingin tidak mudah kambuh adalah dengan rajin mengonsumsi makanan anti oksidan. Makanan yang kaya akan anti oksidan sudah tentu berperan sebagai anti inflamasi pada tubuh. Contoh makanan tersebut antara lain bubuk cabai, salmon, alpukat, kunyit, dan strawberry. Cara mengonsumsi  yang paling mudah adalah dengan menjadikannya minuman.

5.    Minyak esensial
Saat mengalami tanda-tanda alergi udara dingin, salah satu pertolongan pertama yang mudah dilakukan adalah memanfaatkan minyak esensial. Minyak esensial memiliki berbagai aroma yang segara untuk dihirup dan berkhasiat untuk anti inflamasi, melegakan pernapasan, dan membunuh bakteri/kuman. Selain itu, minyak esensial juga dapat dioleskan pada bagian yang bengkak akibat alergi.

6.    Probiotik
Salah satu faktor yang mempengaruhi mudahnya seseorang terkena alergi adalah daya tahan tubuh yang kurang optimal. Oleh sebab itu, asupan probiotik dibutuhkan untuk menjaga imun tubuh selalu kuat. Dengan begitu, tubuh tidak akan rentan terhadap alergi atau pun penyakit lain. Probiotik bisa didapat dari yogurt, tempe, dan susu kefir.

Enam cara tersebut memang tidak sepenuhnya menghilangkan alergi terhadap udara dingin. Namun, setidaknya dengan mengonsumsi minuman dan menggunakan minyak esensial dapat mengurangi intensitas gejala yang dimunculkan saat terkena alergi. Selain itu, pastikan juga berada di tempat yang hangat sembari mengenakan pakaian berbahan lembut agar tidak menggesek bagian kulit yang gatal dan bentol-bentol.

appletuga.com © 2014. All Rights Reserved | Powered By Blogger

Published By Pro Templates Lab | Designed by- Dapinder