Saturday, January 25, 2020

Kenali Peran dan Fungsi Denah dalam Proyek Pembangunan Rumah


Lahan pemukiman di kota memang sudah sangat minim. Kebanyakan orang beralih membeli sebuah apartemen ketimbang mencari tanah dan membangun rumah sendiri. Tetapi banyak juga yang memutuskan untuk melipir ke pinggir kota dan mencari lahan pembangunan.

Bagi sebagian orang, rumah adalah aset yang harus dimiliki. Dan setiap orang pasti punya gambaran bagaimana bentuk rumah impiannya. Lalu bagaimana jika anda tidak punya gambaran bagaimana bentuk hunian yang akan dibangun? Tenang, internet banyak menyajikan gambar denah rumah yang bisa jadi referensi dalam menentukan tata letak ruang hunian anda. Lalu apa kegunaan denah dalam proyek pembangunan?

Kenali Peran dan Fungsi Denah dalam Proyek Pembangunan Rumah

Hal yang Harus Ada di Dalam Gambar Denah Rumah
Di dalam denah rumah akan menunjukkan potongan horizontal dari suatu bangunan dengan tinggi 1 meter. Dalam denah rumah akan menunjukkan tampak atas dari bangunan dengan menghilangkan bagian atas bangunan tersebut terlebih dulu. Di dalam denah rumah harus memperlihatkan hal-hal seperti berikut ini :

1. Fungsi Ruangan
Fungsi ruangan harus dijelaskan pada denah rumah. Misalnya ada suatu ruangan berukuran 3x4 m maka dalam denah harus dijelaskan apa fungsi ruangan ini apakah sebagai kamar tidur, kamar mandi, ruang tamu atau lainnya.

2. Sirkulasi di Dalam Ruangan
Sirkulasi di dalam ruangan juga harus sudah diperhatikan di dalam denah rumah. Sirkulasi meliputi jendela, ventilasi untuk aliran udara, dan juga akses keluar masuk berupa pintu.

3. Dimensi Ruangan
Ruangan harus dijelaskan pada gambar berapa ukurannya agar pembangunan mudah dilaksanakan.

4. Posisi Pintu
Posisi pintu harus dijelaskan di denah gambar apakah terletak di sebelah kanan atau kiri, depan atau samping. Posisi pintu harus memerhatikan kenyamanan para penghuni rumah tersebut.

Fungsi Gambar Denah Rumah dalam Proyek Pembangunan
Dalam dunia proyek pembangunan, gambar denah sangatlah penting. Begitu pula dalam proyek pembangunan rumah. Gambar denah rumah menjadi titik awal perencanaan. Denah menggambarkan detail ruangan dan lokasi suatu bangunan. Denah biasanya menampilkan tampak atas banguanan sehingga bisa terlihat gambaran jelas rancangan hunian anda.

Dalam pembuatannya tentu saja dilakukan penyesuaian antara lahan dan keinginan pihak pembangun. Anda juga bisa ikut mengkonsep denah sesuai keinginan dengan berkonsultasi dengan jasa terkait. Sebelum jauh mendesain denah yuk, cari tau dulu apa saja fungsi denah.

1.     Gambaran awal
Denah berfungsi sebagai gambaran awal perencanaan. Agar hasilnya presisi dan layak huni, denah sangatlah penting keberadaannya. Biasanya denah yang bagus akan menghasilkan hunian yang bagus pula.

2.     Penunjuk posisi
Yang pertama denah berfungsi untuk menunjukan posisi berbagai ruangan yang dirancang. Selain penunjuk posisi, denah juga berfungsi untuk menunjukan susunan konstruksi bangunan. Denah akan memudahkan anda meninjau bentuk bangunan anda.

3.     Isi ruangan
Melalui denah, anda juga bisa meninjau isi ruanga. Penyesuaian furnitur bisa dilakukan sembari mengkonsep ruangan. Anda bebas mengeksplorasi keinginan anda dalam menentukan letah dan macam furnitur yang akan dipakai.

4.     Membantu perencanaan anggaran
Denah juga bisa membantu anda dalam perencanaan anggaran. Dalam denah akan tersaji bentuk rumah, banyak ruangan, furnitur yang dipakai hingga warna cat yang dipakai. Dari sana anda bisa mengakumulasikan anggaran yang diperlukan.

Wah, denah ternyata bukan hanya sekedar gambaran saja ya. Lebih dari itu denah memegang peran penting dalam proyek pembangunan. Silahkan tentukan denah rumah impian anda dengan matang dan jadikan rumah anda sebagai aset masa depan.

appletuga.com © 2014. All Rights Reserved | Powered By Blogger

Published By Pro Templates Lab | Designed by- Dapinder