Saturday, January 11, 2020

Tak Perlu Takut. Ini, Lho, Cara Menghilangkan Katarak!


Pasti sudah tahu tentang penyakit katarak, bukan? Dilansir dari halaman Klikdokter, katarak merupakan salah satu gangguan penglihatan yang paling umum terjadi. Tahukah, Anda, bahwa katarak merupakan penyebab utama terjadinya kebutaan? Menurut sebuah penelitian penyakit katarak terjadi pada 22 juta orang di Amerika. Bahkan, dapat diperkirakan pada tahun 2020 ada sebanyak 30 juta orang di Amerika yang menderita penyakit katarak. Wah, separah itukah? Lalu, bagaimana cara menghilangkan katarak?

Sebelum membahas mengenai cara menghilangkan katarak, ada baiknya Anda mengetahui penyebab dan gejala terjadinya penyakit katarak. Dilansir dari halaman Hellosehat, ada beberapa faktor yang menjadi penyebab terjadinya penyakit katarak. Berikut ulasannya!

Tak Perlu Takut. Ini, Lho, Cara Menghilangkan Katarak!

  1. Katarak Kongenital.
Katarak kongenital atau bisa disebut katarak anak-anak merupakan katarak yang sudah terbentuk sejak lahir dan gejalanya akan terasa ketika memasuki kanak-kanak atau remaja. Terjadinya katarak kongenital disebabkan oleh kelainan genetik.

Bisa juga terjadi karena adanya infeksi kuman yang berasal dari Ibu pada masa kehamilan. Ada beberapa jenis infeksi yang memengaruhi terhadap perkembangan lensa mata pada bayi selama dalam kandungan. Contohnya, virus rubella, virus herpes simplex, parasit toksoplasma, virus penyebab cacar air, dan cytomegalovirus.

  1. Galaktosemia.
Penyakit keturunan yang membuat tubuh bayi menjadi tidak mampu untuk mengubah galaktosa yang mana merupakan senyawa khusus dari karbohidrat menjadi glukosa disebut galaktosemia. Alhasil, hal itu menyebabkan galaktosa menumpuk dalam darah.

Galaktikos merupakan perubahan dari galaktosa di mana keduanya menumpuk dalam lensa mata dan menarik air untuk masuk ke dalam lensa mata. Hal itu mengakibatkan lensa mata menjadi buram. Pada kasus ini, ada sekitar 75% bayi yang akan mengalami katarak pada kedua mata. Bahkan bisa terjadi beberapa minggu pertama setelah bayi lahir.

  1. Diabetes.
Apabila Anda menderita diabetes, maka Anda juga bisa mengalami penyakit katarak. Hal ini disebabkan karena kadar gula dalam darah sebagian akan masuk ke lensa mata sebagai nutrisi dan jika kadar gula menjadi tidak terkendali, maka nutrisi pada lensa mata juga ikut meningkat. Akibatnya lensa mata menjadi bengkak.

  1. Trauma.
Adanya trauma yang disebabkan oleh benturan, tusukan, dan tekanan pada area kepala dan mata bisa menyebabkan katarak. Hal ini terjadi karena adanya kerusakan di jaringan lensa mata dan kerusakan itulah yang menyebabkan seseorang menderita penyakit katarak.

Cara menghilangkan katarak hanya bisa dilakukan dengan operasi. Ada dua jenis operasi katarak. Berikut ulasannya!

  1. Extracapsular Surgery.
Operasi katarak jenis ini dilakukan dengan membutuhkan insisi yang lebih besar. Tujuannya untuk mengeluarkan inti lensa yang berkabut. Lalu, sisa lensa akan dikeluarkan dengan menggunakan alat penghisap.

  1. Small Incision Cataract Surgery.
Operasi katarak jenis ini dilakukan dengan melakukan insisi kecil pada tepi kornea dan kemudian dokter akan menyinar gelombang ultrasound yang bertujuan untuk menghancurkan lensa mata. Ketika sudah hancur, barulah akan diambil menggunakan alat penghisap.

Sebelum melakukan operasi, ada beberapa tes yang harus dilakukan. Berikut penjelasannya!

  1. Pemeriksaan Kesehatan Umum.
Pertama adalah adanya pemeriksaan kesehatan umum yang meliputi kadar gula dalam darah, gangguan pendarahan yang bisa diuji melalui tes darah, adanya tes kesehatan paru-paru dengan rontgen dada, dan tes kesehatan jantung.

  1. Pemeriksaan Mata Luar.
Pemeriksaan ini dilakukan dengan melihat pergerakan pada bola mata untuk melihat apakah bola mata bergerak ke segala sisi dengan baik atau tidaknya. Selain itu pemeriksaan pupil di mana tujuannya untuk mendeteksi masalah yang ada pada mata.

  1. Pemeriksaan Fungsi Penglihatan.
Pemeriksaan ini dilakukan dengan tujuan untuk menentukan tajam tidaknya penglihatan sebelum dilakukannya operasi katarak.

Selain itu, ada beberapa tes lainnya, seperti pemeriksaan bagian dalam mata, pemeriksaan biometri dan topografi kornea, serta pemeriksaan slit-lamp.

Itulah cara menghilangkan katarak beserta tes yang akan dilakukan sebelum operasi. Sudah, tahu?

appletuga.com © 2014. All Rights Reserved | Powered By Blogger

Published By Pro Templates Lab | Designed by- Dapinder