Tuesday, February 25, 2020

5 Tips Memilih Kredit untuk Mobil Bekas

5 Tips Memilih Kredit untuk Mobil Bekas


Mobil merupakan salah satu kebutuhan yang bisa memudahkan aktivitas Anda sehari-hari. Namun, harga mobil yang cukup tinggi membuat orang-orang kesulitan untuk membeli mobil dengan sistem tunai. Namun saat ini Anda bisa lebih mudah mendapatkan mobil impian dengan sistem kredit.  Bahkan sistem ini tidak hanya bisa Anda gunakan untuk mobil baru saja, karena saat ini sudah banyak lembaga yang memberikan fasilitas kredit mobil bekas.

Agar pengajuan kredit yang akan Anda lakukan bisa berjalan mudah dan lancar, berikut beberapa tips ketika hendak melakukan kredit untuk mobil bekas.

  1. Tentukan mobil yang tepat
Sebelum berencana mengajukan kredit maka Anda perlu menentukan terlebih dahulu mobil mana yang akan Anda kredit. Pilihlah mobil yang tepat untuk Anda dan sesuai dengan kebutuhan, bukan hanya karena sekedar keinginan saja. Ini akan berpengaruh pada cicilan kredit yang harus Anda bayarkan nantinya. Jadi, jangan memilih mobil yang Anda rasa tidak sesuai dengan kondisi dan kemampuan finansial.

  1. Memilih lembaga kredit yang terpercaya
Sistem kredit yang Anda ajukan bukanlah kredit dengan nilai yang kecil. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk teliti memilih lembaga kredit mana yang akan dipilih untuk pengajuan kredit. Pastikan Anda memilih bank atau leasing dengan reputasi yang terpercaya.

Jangan malas untuk mencari info terlebih dahulu mengenai bank atau leasing tersebut sebelum Anda mengajukan kredit mobil bekas. Untuk menentukan apakah bank atau leasing tersebut merupakan lembaga yang terpercaya, Anda perlu memilih bank atau leasing yang telah diawasi oleh OJK atau Otoritas Jasa Keuangan.

  1. Mencari mobil langsung dari pemakainya
Anda tentu ingin mendapatkan mobil dengan harga yang lebih murah. Harga yang lebih murah juga akan meringankan cicilan kredit Anda nantinya. Untuk mendapatkan harga yang lebih murah, Anda bisa mencari mobil bekas yang dijual langsung oleh pemiliknya tanpa menggunakan perantara.

Mobil-mobil yang dijual langsung ini bisa memiliki harga yang lebih murah dibanding mobil-mobil bekas yang berada di showroom atau dealer. Untuk mencari mobil bekas yang dijual tanpa perantara, Anda bisa mencari info dari teman-teman Anda atau mencari iklan-iklan yang biasa dipasang di situs jual beli internet atau di sosial media.

  1. Melakukan perhitungan
Ketika berencana untuk membeli mobil baik itu dengan sistem tunai maupun kredit, Anda tentu perlu melakukan perhitungan yang matang terlebih dahulu. Jangan terburu-buru untuk mengambil keputusan karena Anda akan mengeluarkan uang yang tidak sedikit.

Begitu pula jika Anda akan melakukan pengajuan kredit. Lakukanlah perhitungan secara rinci baik dari segi bunga, cicilan, hingga biaya biaya tambahan lain yang akan diperlukan. Dengan perhitungan yang tepat, Anda bisa memprediksi berapa total biaya yang akan Anda keluarkan nantinya. Perhitungan yang tepat di awal juga akan membuat kredit yang dilakukan lebih lancar karena Anda telah memiliki perencanaan keuangan sebelumnya.

  1. Menentukan asuransi
Mobil bekas tentu akan lebih membutuhkan biaya perawatan lebih tinggi dibanding mobil baru karena mesin dan komponen-komponennya sudah pernah terpakai. Jadi, Anda juga perlu menentukan asuransi ketika hendak membeli mobil bekas. Saat memilih asuransi, pilihlah jangka waktu asuransi yang sama dengan jangka waktu cicilan kredit Anda.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan ketika hendak melakukan kredit mobil bekas. Dengan sistem kredit, Anda bisa lebih mudah memiliki mobil impian Anda.
Semoga ulasan di atas membantu ya!

appletuga.com © 2014. All Rights Reserved | Powered By Blogger

Published By Pro Templates Lab | Designed by- Dapinder