Sunday, April 26, 2020

Jenis-jenis Perusahaan Pembiayaan di Indonesia


Lembaga pembiayaan adalah kegiatan pembiayaan yang dilakukan dalam bentuk pemberian dana kepada konsumen untuk membeli barang konsumsi atau modal usaha. Badan seperti ini juga mengatur cara pengembalian dan jangka waktu pembayaran yang harus dipenuhi oleh debitur. Apa sajakah jenis-jenis perusahaan pembiayaan yang ada di Indonesia?

Jenis-jenis Perusahaan Pembiayaan di Indonesia

1.       Sewa guna usaha atau leasing company. Bentuk kegiatan dari lembaga pembiayaan satu ini adalah sewa guna usaha dalam bentuk barang modal. Leasing company bisa dengan hak opsi atau tanpa opsi dalam jangka waktu tertentu sesuai yang sudah disepakati oleh kedua belah pihak. Kontribusi kegiatan usaha ini berperan cukup besar untuk lembaga pembiayaan. Pasalnya, selama perjanjian leasing berlangsung, maka hak atas barang yang menjadi objek transaksi berada di bawah kuasa lembaga pembiayaan, bukan debitur.

2.       Perdagangan surat berharga atau securities company. Perusahaan sekuritas adalah lembaga yang melakukan kegiatan perdagangan surat berharga.

3.       Anjak piutang atau factoring company. Lembaga pembiayaan satu ini berupa pembelian dan/atau pengalihan serta pengurusan piutang atau tagihan jangka pendek dari suatu perusahaan dalam sebuah transaksi perdagangan di dalam atau luar negeri.

4.       Modal ventura atau venture capital company. Lembaga pembiayaan ini fokus pada penyertaan modal pada suatu perusahaan dalam jangka waktu yang sudah disepakati. Dalam model pembiayaan ini, risiko kegagalan ditanggung oleh perusahaan modal ventura, bukan debitur.

5.       Pembiayaan konsumen atau consumers finance company. Badan pembiayaan ini merupakan kegiatan pembiayaan berupa pengadaan barang untuk debitur, yang mana pembayarannya dilakukan dengan angsuran. Beberapa contoh barang konsumen yang bisa dibiayai adalah  kendaraan bermotor, barang elektronik, ataupun rumah.

6.       Kartu kredit atau credit card company. Lembaga ini memiliki kegiatan pembiayaan dengan mengeluarkan kartu yang bisa digunakan untuk berbelanja barang apa pun. Namun, regulasi yang diterapkan tetap harus mengikuti peraturan langsung dari Bank Indonesia.

Itulah 6 jenis lembaga pembiayaan yang ada di Indonesia.
Salah satu contoh lembaga pembiayaan di Indonesia adalah Dipostar (PT Dipo Star Finance). Berdiri pada November 1983, Dipostar kini telah memiliki lebih dari 1000 karyawan dari berbagai disiplin ilmu yang terampil serta berpengalaman di jaringan cabang yang tersebar di Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Bali dan Sulawesi. PT Dipo Star Finance terus mengembangkan diri dan berhasil mendapatkan kepercayaan dari masyarakat luas sejak awal berdirinya hingga saat ini. Untuk informasi produk dan promosi yang sedang berlangsung,  silakan berkunjung ke situsnya, https://www.dipostar.com/ .

Sekian tulisan tentang lembaga pembiayaan di Indonesia ini. Pastikan kalian membagikannya di sosial media kalian ya!

appletuga.com © 2014. All Rights Reserved | Powered By Blogger

Published By Pro Templates Lab | Designed by- Dapinder